Sistem Penerjemah Suara Otomatis


Speech-to-Speech Translation System (STS)

Sistem STS merupakan sebuah sistem yang menerjemahkan suara dalam suatu bahasa ke suara dalam bahasa yang lain. Sistem STS yang dibangun merupakan aplikasi yang menerjemahkan suara dalam Bahasa Indonesia ke suara dalam Bahasa Inggris. Sistem STS ini terdiri dari tiga buah sub-sistem utama yang saling berhubungan yaitu:
  • Automatic Speech Recognition (Sistem Pengenal Suara)
    Sistem Pengenal Suara merupakan sebuah sistem yang dapat mengenali dan mengubah suara yang diucapkan oleh manusia dalam suatu bahasa ke dalam bentuk suatu teks yang dinamakan trankripsi. Teknologi Sistem Pengenal Suara banyak digunakan dalam bidang-bidang kehidupan seperti diktasi, pembelajaran bahasa dalam pendidikan, home-automation dan sebagainya. Sistem Pengenal Suara yang dibangun pada aplikasi STS ini menerima suara yang diucapkan dalam Bahasa Indonesia dan menghasilkan teks transkripsi dalam Bahasa Indonesia.
  • Machine Translation System (Sistem Penerjemah Teks)
    Sistem Penerjemah Teks merupakan sebuah sistem yang menerjemahkan teks dalam suatu bahasa ke teks dalam bahasa lain. Teknologi Sistem Penerjemah Teks pastinya digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya kebutuhan manusia terhadap kamus bahasa. Contoh penerjemahan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris misalnya:
    • Bahasa Indonesia: "Halo, apa kabar?"
    • Bahasa Inggris: "Hello, how are you?"
    Sistem Penerjemah Teks yang dibangun pada aplikasi STS ini menerjemahkan teks transkripsi yang dihasilkan oleh Sistem Pengenal Suara ke teks dalam Bahasa Inggris.
  • Text-to-Speech System (Sistem Sintesa Suara)
    Sistem Sintesa Suara merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengubah teks dalam suatu bahasa menjadi suara dalam bahasa tersebut. Teknologi Sistem Sintesa Suara banyak digunakan dalam beberapa aplikasi di kehidupan sehari-hari seperti mesin penjawab telepon otomatis, perangkat untuk penyandang cacat tuna netra, perangkat permainan anak dan sebagainya. Sistem Sintesa Suara yang dibangun pada aplikasi STS ini pada dasarnya akan mengubah teks hasil terjemahan dari Sistem Penerjemah Teks menjadi suara dalam Bahasa Inggris. Untuk saat ini Sistem Sintesa Suara belum diintegrasikan ke dalam STS yang dibangun.
Sumber : http://ir.cs.ui.ac.id/sistemPenerjemahSuara/about.php

Komentar