"Percayakan pada Penulis Skenarionya"


"Masalah lagi.." "Ada apaan lagi sih ini!" "Duuh, ada aja!" mungkin adalah beberapa keluhan yang terlontar dari kita saat bertemu dengan masalah. Bahkan mungkin beberapa dari kita langsung menangis. Sebenarnya kalau kita mau mendinginkan kepala kita sejenak, kita akan dapat berpikir kenapa sih harus ada masalah ini, asalnya dari mana bisa muncul masalah segede ini?. 
Sudah dari zaman kakek nenek moyang, yang namanya hidup memang selalu penuh dengan pilihan ataupun masalah. Tetep mati pun kadang masih ada masalah lho..masalah masuk surga atau neraka (na'udzubillah ya kalo neraka).
Masalah ada untuk mendewasakan kita, menguji kita ataupun menuntun kita. Ia ada sebagai bagian dari jalan hidup kita. Sudah tahu kan jalan hidup kita siapa yang nentuin? 
Seperti kemarin sore, Allah udah nentuin kejadian kalo aku gorengin adikku lauk tahu. Tapi, yang namanya anak kecil (sebenernya udah gak kecil lagi soalnya udah disunat), pengennya yang cepet, ada yang gak cocok sama hatinya ngrengek terus. Udah tahu, udah liat kalo masih digorengin lauk sama kakaknya, masih tetep nyerocos tuh, "Oalah, kok masih digoreng...Bentar lagi kan magrib.."
Dari situ, Allah seolah memberikan pemahaman baru untukku. Jalan hidup sudah ada, udah ditentuin, udah "dimasakin" sama Allah, kamu pun sudah tahu kalo Allah selalu punya rencana-Nya yang terjosss gandoss. Tapi kenapa kamu masih mengeluh? Tidak percayakah kamu dengan rencana-Nya? Atau apakah kamu hanya ingin mengeluh seperti anak kecil? Sampai di sini rasanya udah jleb.jleb.jleb.

Ada cerita lagi yang pernah aku alamin. Saat masih semester 5, setelah kehilangan sebuah tas beserta semua benda-benda penting buat kuliah, aku ngilangin modem temenku yang kupinjem. Udah dicari kemana-mana tetep gak ketemu. Akhirnya pasrah, ngambil uang simpenan yang tersisa di bank untuk ganti modem temen. Karena ngerasa hopeless udah ketimpa ujian (atau peringatan kah itu?) berkali-kali, sembari menenangkan pikiran, duduk ngemper di depan kampus. Tak lama ada adik tingkat,yang sebelumnya juga ketemu di bank, ngelihat dan ikut duduk ngemper sambil ngobrol denganku. Setelah ngobrol sebentar akhirnya sampai pada masalah modem ilang. "Loh mbak, modemnya warna item?" "Iya, kamu nemu?" "Tadi ada modem warna itu mbak ketinggalan di lab, sekarang dibawa sama ridwan.." Ya Allah, rasanya langsung pengen sujud syukurrr... Ternyata Allah gak pernah ninggalin hamba-Nya, selalu dengerin hamba-Nya. Dan pasrah terhadap kehendak-Nya kadang adalah jalan yang terbaik (liat-liat dulu masalah dan usahanya yaa..). 
^_^ 

Komentar